Malang, 27 Agustus 2024. Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Malang Raya yang terdiri dari BAZNAS Kota Malang, BAZNAS Kota Batu, dan BAZNAS Kabupaten Malang menggelar Executive Briefing di Hotel Zam-Zam, Kota Batu, sebagai langkah awal menuju sertifikasi ISO 9001. Acara ini dihadiri oleh Sekda Kota Batu, Ketua MUI Kota Malang, para pimpinan BAZNAS Provinsi Jawa Timur serta pimpinan dan pelaksana BAZNAS Malang Raya, yang berkumpul untuk memahami dan mempersiapkan diri menuju standar manajemen mutu nasional maupun internasional.
Briefing ini menjadi momen penting dalam upaya BAZNAS Malang Raya meningkatkan kualitas manajemen mutu dalam pelayanan. ISO 9001, sebagai standar nasional untuk sistem manajemen mutu, akan membantu BAZNAS dalam memastikan setiap proses operasional berjalan efisien, konsisten, dan mampu memenuhi kebutuhan serta harapan para muzakki dan mustahik.
Prof. Dr. KH. Ali Machan Moesa, MA., Ketua BAZNAS Provinsi Jawa Timur dalam sambutannya menegaskan bahwa sertifikasi ISO 9001 adalah bagian dari komitmen organisasi untuk terus memberikan yang terbaik bagi masyarakat. "Sertifikasi ini bukan sekadar pengakuan, tetapi juga sebuah tanggung jawab untuk memastikan setiap layanan dan program yang kita jalankan memiliki standar tinggi dan berkelanjutan. Ada 4 poin yang perlu dilakukan untuk mengembangkan kualitas dalam pelayanan mutu, yang meliputi; commitment, consistent, communication dan care," ujarnya.
Selama briefing, para peserta mendapatkan penjelasan mengenai tahapan yang harus dilalui untuk mencapai sertifikasi ISO 9001, termasuk penguatan sistem dokumentasi, penerapan audit internal, serta pengembangan kebijakan kualitas yang sesuai dengan standar tersebut. Diskusi interaktif juga dilakukan untuk memastikan seluruh tim mampu memahami terkait persiapan ISO 9001 dan memiliki visi yang selaras dalam mencapai tujuan ini.
Zam-Zam Hotel and Convention Kota Batu dipilih sebagai lokasi Executive Briefing, memberikan suasana yang kondusif untuk refleksi dalam melakukan reorientasi perencanaan program yang strategis. Acara ini juga menjadi ajang memperkuat sinergi bersama antar BAZNAS yang ada di Malang Raya untuk memastikan bahwa target sertifikasi ISO 9001 dapat dicapai dalam waktu yang ditentukan.
Wasis sebagai narasumber dari PT Indonesia Sakti, memberikan penjelasan bahwa “tuntutan kualitas mutu layanan dalam organisasi publik menjadi sebuah keniscayaan. Karena organisasi tersebut harus mampu memastikan dan membuktikan bahwa apa yang dikerjakan memenuhi kaidah akuntable, transparan dan profesional. Sehingga, harapannya para muzakki, muztahik dan lembaga mitra dapat percaya dan selanjutnya menitipkan dana ZISnya melalu BAZNAS,” pungkasnya.
Dengan ikhtiar menuju sertifikasi ISO 9001, BAZNAS Malang Raya berharap dapat memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap pengelolaan zakat yang transparan, akuntabel, dan profesional. Langkah ini diharapkan dapat membawa BAZNAS Malang Raya menjadi pionir dalam manajemen zakat berkualitas tinggi dan memberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat yang membutuhkan. Kegiatan Brieffing Eksekutif ditutup dengan penyerahan sertifikat, ucapan terima kasih, dan dilanjutkan dengan foto bersama.